Tangerang – Prihatin dengan beberapa public figur yang hidup tidak ada pesangon di waktu pensiunnya, beberapa pengacara membuat serta mengumumkan diri menjadi Instansi Advokasi Artis Indonesia (LAAI) di Jatiuwung, Kota Tangerang, Rabu (8/8/2018).

Dedi Suderajat sebagai Presiden LAAI mengklaim, di Indonesia sejumlah artis atau public figur di waktu pensiunnya yang tidak bias nikmati hasil kerjanya sewaktu berkarya. Walau berpuluh-puluh tahun lamanya, kadang karya yang telah dibikin, tidak tampak jelas pembayaran sesudah seniman itu pensiun atau hilang dari dunia hiburan.

“Maka itu, pergi dari keprihatinan kita menjadi advokat. Kita lihat aktor seni ini di waktu purnabaktinya, di waktu pensiunnya, tidak dapat nikmati hasil karya mereka, ” papar Dedi, waktu didapati selesai deklarasi.

Semestinya, beberapa aktor seni itu bisa nikmati kerja hasil keras mereka saat masih tetap bekerja didunia seni maupun entertain. Juga mendapatkan penghargaan serta suatu perhatian di waktu pensiun mereka.

Lantas, beberapa ratus pengacara ini nanti semakin lebih konsentrasi dalam membela di dua hal. Yaitu public figur tersebut dan karya yang dibuat. “Orangnya, berarti kelak memiliki masalah dalam hukum, PH-nya, label atau memerlukan pertolongan hukum, kita siap untuk melayaninya, ” papar Dedi.

Lalu yang ke-2 merupakan karya seninya. Bagaimana dari hasil karya seninya ini dapat di nikmati di waktu pensiun, lantas ke anak cucunya. Karena menurut dia, banyak yang sekarang ini banyak seniman atau artis papan atas yang telah membuahkan banyak karya, bahkan juga orangnya telah pensiun juga karyanya masih tetap dapat di nikmati, akan tetapi dia tidak terima apapun dari karya itu.

Menurut Dedi, sebelum deklarasi ini diselenggarakan, pihaknya telah terima banyak aduan atau curhatan dari beberapa aktor seni di Indonesia. “Namun karena kami belumlah deklarasi, jadi tidak berani lakukan tindakan jauh. Tetapi sesudah ini, kita siap menolong mereka, ” tuturnya.

Dalam LAAI ini, Dedi mengklaim, ada seputar 300 pengacara yang tergabung di dalamnya. Nanti, beberapa seniman dapat menghubungi langsung atau lewat web cuma sekedar untuk session konsultasi hokum.

Bela Artis yang Pensiun, Beberapa ratus Pengacara Bentuk Instansi Hukum
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
You might also likeclose