pada artikel kali, saya mau membagikan sedikit tehnik basic langkah bermain biola yang baik dimulai dari awal sekali. Tips ini bukan hanya ditujukan untuk anda yang sudah mahir bermain biola, namun untuk beberapa pemula yang baru atau mungkin akan belajar bermain biola. Baiklah, kita mulai panduan-tipsnya.
Panduan Belajar Memainkan Biola Dengan Benar
1. Kencangkan bow/busur (alat penggesek senar biola)
Rambut (bulu) pada bow umumnya dilewatkan lemas bila tak digunakan. Karenanya, anda mesti mengencangkannya terlebih dulu sebelum saat digunakan. Langkahnya yaitu dengan memutar skrup yang ada di bagian ujung bow. Putar sampai terwujud jarak pada rambut dengan tangkai bow kurang lebih selebar lingkaran pensil.
Janganlah pakai jari kelingking anda untuk mengukur, lantaran minyak alami pada kulit jari dapat beralih ke rambut bow. Rambut bow mesti terus kering bebas minyak untuk membuahkan nada yang baik.
2. Gosok rambut bow dengan rosin (damar)
Rosin umum terbagi dalam dua type, yakni yang berwarna gelap serta berwarna cerah. Dua-duanya sama juga serta dapat dipakai. Maksud menggosok-gosok rambut bow dengan rosin ini yaitu supaya rambut bow jadi sedikit lengket serta bisa mencengkeram senar biola waktu digesekan.
Gosok rambut bow dengan rosin dengan cara lembut dari ujung ke ujung. Cukup kerjakan 3 hingga 4 barangkali, lantaran bila terlampau banyak, maka rambut bow dapat jadi sangatlah lengket serta terlampau kuat mencengkeram senar biola. Ini bakal membuahkan nada yang terlampau nyaring serta menusuk telinga.
3. Menyetem senar biola
Tiap-tiap bakal memainkan biola, anda butuh menyetem senar biola supaya membuahkan suara yang benar serta sesuai sama. Urutan suara pada senar biola dimulai dari suara paling rendah sampai yang paling tinggi yaitu G – D – A – E.
Anda bisa memakai tuner listrik maupun peluit suara untuk menolong menyetem senar biola. Putar pasak tuning yang ada pada ujung leher biola sampai anda memperoleh suara yang pas.
4. Langkah memegang bow (tongkat gesek)
Tempatkan sisi tengah jari telunjuk pada pegangan tongkat (di bagian yang sedikit empuk) serta jari jempol untuk menahannya pada arah yang berlawanan. Sedang posisi jari tengah sampai kelingking yaitu sejajar dengan jari telunjuk, dengan posisi jari kelingking agak sedikit melengkung.
Pegang bow dengan enjoy hingga sedikit fleksibel saat dipakai untuk menggesek senar biola. Janganlah terlampau ketat serta kaku.
5. Langkah memegang biola
Berdiri atau mungkin duduklah dengan posisi punggung lurus. Pegang leher biola dengan tangan kiri serta tempatkan pantat biola pada tulang bahu serta melekat ke leher anda.
Jepit biola dengan tulang rahang anda (bukan hanya tulang dagu). Fungsinya supaya posisi biola dapat stabil serta tak meleset.
6. Sempurnakan posisi tangan
Untuk tangan kiri yang memegang biola, anda mesti memposisikan telapak tangan sedikit di bawah dagu, hingga posisi biola lurus serta sejajar.
Untuk tangan kanan yang memegang bow, untuk pemula anda mesti mengawali dengan mengangkat tangan setinggi barangkali untuk mempermudah anda menggesek senar biola dari yang suara paling rendah sampai senar dengan suara paling tinggi. Dengan berjalannya saat, anda bakal memperoleh posisi tangan yang betul-betul nyaman.
7. Awalilah belajar menggesek senar biola
Mulai dengan menggesek senar dalam situasi loss (tak dipencet). Gesek panjang, lalu pendek. Gesek dengan desakan, lalu dengan lembut. Ini bakal membiasakan telinga serta tangan anda untuk memperoleh desakan nada yang sesuai sama.
Kemudian anda bisa melatih memainkan suara do-re-mi-fa-sol-la-si pada tiap-tiap senar ataupun pada senar. Untuk lebih melengkapi langkah evaluasi anda memainkan biola,

Incoming search terms:

  • manfaat biola
Cara bermain biola dengan baik dan benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
You might also likeclose