Dalam industri kreatif sekarang ini, umpamanya dunia musik, gambar, design, fotografi, dsb, beberapa hal yang dapat dikerjakan sendiri. Internet memberi sarana yang dahulu tak dapat dikerjakan sendiri, tetapi sekarang ini dapat. Misalnya yaitu Google Sites yang sangat mungkin orang untuk bikin design situs nya sendiri. Amazon Kindle juga memberi sarana untuk menerbitkan buku sendiri. Musisi dapat juga jual segera karya lagu mereka lewat website seperti Nimbit.

Bahkan juga beberapa animator dapat bikin animasi segera lewat website seperti GoAnimate dari Youtube. Inspirasi apapun dapat diwujudkan lewat beragam media dengan cost yang rendah. Hal semacam ini sangatlah menolong beberapa insan kreatif untuk berkreasi.
Sistem operasi untuk handphone serta Tablet berbasis Android serta iOS juga memberi kesempatan orang untuk bikin aplikasi dari yang sangatlah simpel, bahkan juga tanpa ada bhs pemrograman sekalipun. Umpamanya lewat aplikasi App Inventor untuk bikin aplikasi Android. Ini sangat mungkin orang yang pemula pada dunia computer juga dapat bikin aplikasi. Cukup bermodalkan inspirasi kreatif saja.
Saat ini nampak juga arti Crowdsourcing yang berarti satu karya, inspirasi atau mungkin layanan yang bersumber dari orang banyak dengan cara on-line, umpamanya musik yang di buat dengan cara berbarengan oleh beragam musisi di semua dunia. Industri musik yang mengambil system ini sangat mungkin seseorang musisi beroleh inspirasi melodi, bass, beat/rhythm dari musisi lain di beberapa belahan dunia serta bikin lagu berbarengan, misalnya musisi Avicii dengan proyek lagu ” X You ” nya. Pengertian Crowdsourcing ini nyaris serupa dengan Opensource untuk software, tetapi Crowdsourcing ini lebih luas lagi cakupannya, tidak cuma di bagian software.
Dengan demikian banyak nya kesempatan didunia kreatif ini diinginkan makin mendorong orang untuk bikin suatu hal yang bermanfaat untuk orang-orang. Apabila kita memiliki inspirasi, kita dapat berusaha untuk mewujudkannya dengan beragam media dengan cara gampang dengan pertolongan tehnologi serta internet. Maka marilah kita berkreasi berbarengan!

Industri Musik Kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
You might also likeclose