Kesempatan ini penulis ingin coba berbagi tentang beberapa tips untuk latihan drum.. semoga dapat berguna buat kalian 🙂

TIPS 1. Mulai latihan drum anda dengan DOA serta UCAP SYUKUR…kedengarannya kog klise banget ya? Aneh? Terlampau religius? Menurut penulis serta juga pasti banyak sahabat drummers yang lain sih tidak ya.. malah ini teramat utama untuk memulai apa pun usaha kita.. yakni dengan doa minta tuntunan Allah, apa pun itu agama yang kita peluk.

TIPS 2. Latihan drum mesti RUTIN serta KONSISTEN, yang ini berarti latihanlah tiap-tiap hari! Tambah lebih baik latihan drum konstan sepanjang 15-30 menit /hari dari pada 1 jam satu hari namun bolong-bolong. Ingat.. kita dapat lantaran umum.. makin banyak kita berlatih lewat cara yang baik serta pas, semestinya skill drum kita bakal jadi makin baik juga!

TIPS 3. Latihan drum mesti FOKUS. Cobalah ambillah saat spesial /harinya dimana anda dapat latihan drum tanpa ada terganggu oleh hal hal-hal lain. Lantas, konsentrasi disini juga bermakna bahwasanya baiknya kita memastikan topik untuk tiap-tiap session latihannya : apa sih yang lagi ingin dipelajari/dikuasai? Contoh : pola rudiment paradiddle diddle, irama samba, dsb.

TIPS 4. Latihan drum gunakanlah earplug membuat perlindungan telinga. Ingat baik.. telinga adalah satu diantara aset utama musisi yang perlu dijaga. Mendengar nada dengan volume keras dengan cara terus-terusan bisa mengakibatkan kerusakan pendengaran : kekuatan mendengar bakal menyusut, serta dapat terserang penyakit telinga mendengung (arti medisnya : tinnitus)

TIPS 5. Latihan drum gunakanlah METRONOME. Ini sangatlah utama untuk melatih tempo yang stabil. Tempo yang stabil yaitu basic dari irama/groove yang enak didengar (serta dirasakan). Drummer latihan tanpa ada metronome ibaratnya seperti orang yang baru belajar mobil, namun nyetirnya ngebut.. BAHAYA : D

TIPS 6. Manfaatkanlah STIK DRUM dengan ukuran yang NYAMAN di tangan anda. Pada umumnya, ukuran stik yang all round (bisa dipakai untuk banyak genre musik) yaitu ukuran 5b. Tak ada batasan pemakaian ukuran stik drum berdasar pada genre musik spesifik sih.. namun memanglah baiknya jika main musik yang keras, gunakanlah stik yang memiliki ukuran besar, agar volume yang dihasilkan semakin besar, serta juga ketahanan stik lebih tinggi. Sebaliknya, jika main musik yang condong lebih soft seperti jazz, pop, gunakan stik yang ukurannya lebih kecil.
TIPS 7. Posisi DUDUK saat bermain drum mesti seyaman barangkali ya guys. Janganlah terlampau jauh/dekat dengan drum.. cocokkan tinggi drum/throne (bangku) drum dengan posisi duduk anda.

TIPS 8. Seimbangkan latihan drum SENDIRI dengan latihan BARENG BAND. Mengapa? Latihan sendiri berperan untuk mengasah skill tehnis perorangan, sedang latihan berbarengan band bakal menambah penjiwaan pada musik yang kita mainkan, diluar itu agar buat band lebih kompak.

TIPS 9. PENTING sekali untuk dapat BACA NOT! Lantaran ini jadi basic untuk “menimba” pengetahuan lebih luas serta sebanyak mungkin. Langkah ideal untuk belajar baca not yaitu dengan turut les drum. Dapat pula sih dengan baca buku drum dengan cara otodidak atau mungkin mencari juga video tutorial di youtube.

TIPS 10. Juga penting untuk mempunyai ROLE MODE/Pujaan/Teladan untuk kita tiru dalam belajar drum. Umumnya sih dengan begini lebih cepat majunya, asal terus latihan dengan berkelanjutan, lewat cara yang benar, serta jumlah yang banyak.

TiPS 11. Setelaj mengikuti apa yang dikerjakan oleh pujaan anda.. JANGAN cuma berhenti hingga situ saja…terapkanllah prinsip ATM.. Amati, Tiru, serta Modifikasi 🙂 Penulis sendiri sangatlah suka pada ilustrasi ini dibawakan oleh Akira Jimbo.. cobalah teliti di youtube videonya dengan keyword “akira jimbo wasabi fujiyama” 🙂

TIPS 12 Utama untuk pelajari serta dapat main groove untuk beragam genre Musik.. janganlah membatasi diri dengan cuma bermain drum untuk satu type Musik trtntu.. lantaran makin banyak yang dipelajari, makin mahir pulalah kita. Misalnya : Akira Jimbo populer dgn permainan Funk, Fusion, Latin 🙂 tetapi saat ditantang di sbuah klinik.. dia dapat memainkan Gravity Blasting dgn asyikk : D

TIPS 13 Latihan drum memakai lagu minus one/drumless 🙂 ini utama juga sebagai satu diantara langkah terkecuali memakai metronome untuk melatih serta melindungi akurasi utama nih utk latihan akurasi tempo serta feel juga..

TIPS 14 Latihan drum dapat juga sembari nonton video rekaman drum. Terkecuali dapat lihat segera gerakan (motion), juga efisien untuk menangani rasa jemu. Janganlah lupa sembari lakukan prinsip ATM tadi ya : D

TIPS 15. Siapkan makanan ringan/air putih/ juice serta handuk kecil.. Jauhi rokok serta alkohol 🙂 dalam janka panjang bakal turunkan vitalitas anda.. serta pastinya memengaruhi permainan drum.. jadi tak optimal.. sayang kan?

TIPS 16. Rekam diri km sendiri saat latihan drum 🙂 ini mungkin saja buat bahan evaluasi diri, dapat simak motion nya telah enak diliat belum, yang ngaruh juga ke nada drum serta groove yang dihasilkan.. telah oke belum? Ajak teman drummers anda untuk nonton rekaman ini. Semakin bagus lagi jika bareng guru drum anda.. atau mungkin dengan drummer yang lebih jago/memiliki pengalaman, jadi anda dapat dapet panduan/koreksi/feedback yang bangun untuk perkembangan kamu

TIPS 17. Jika anda dapat latihan drum bareng sama drummer yang lain.. ini akan seru banget! : D rame, serta yang pasti dapat berbagi pengetahuan juga..

Demikian panduan panduan untuk latihan drum dari penulis. Penulis mengharapkan tulisan ini dapat berguna untuk sahabat drummers seluruhnya.

Kumpulan Tips Berlatih Drum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
You might also likeclose