Seiring dengan berkembangnya zaman, baik disadari maupun tidak, musik sudah bergeser dari sekedar penghibur menjadi sebuah kebutuhan dalam hidup. Musik menjadi hal yang penting karena keberadaannya sekarang bukan hanya menjadi pemanis, melainkan pemeran utama dalam sebuah acara. Dalam berbagai acara, musik seringkali menjadi penentu suasana sekaligus menjadi pengiring.

 

Dengan berkembangnya fungsi musik tentu saja membuat musik semakin diminati orang banyak. Menikmati musik bisa melalui banyak cara, yaitu dengan menjadi pendengar ataupun dengan menjadi pemain musik itu sendiri. Banyak orang yang menjadi pemain musik karena kegemarannya terhadap musik atau terbiasa mendengar musik. 

 

Salah satu yang jelas terlihat sebagai penikmat musik adalah orang tua yang menginginkan anaknya bisa bermain alat musik. Untuk membuat anak mau belajar musik, orang tua harus mengenali karakteristik anak dan memperkenalkan berbagai permainan musik kepada anal. Ketika anak sudah mulai tertarik, maka dengan sendirinya naluri untuk bisa bermain alat musik akan muncul.

 

Belajar bermain alat musik dapat dilakukan dengan kursus musik, les musik, atau sekolah musik. Kursus musik merupakan program yang lebih dibuat lebih ringkas dari kurikulum sekolah musik. Dimana pada kursus musik atau les musik, yang diajarkan hanya menjurus pada satu kursus alat musik saja dengan waktu yang lebih fleksibel.

 

Selain melalui kursus musik, anak juga dapat belajar musik dengan otodidak atau belajar sendiri melalui berbagai media yang ada. Keuntungan yang didapat ketika anak mengikuti kursus musik adalah dengan bertatap muka dengan pengajarnya, anak akan lebih yakin untuk bermain musik di depan orang banyak. Keuntungan lainnya yaitu anak menjadi lebih mudah bertanya dan meminta bimbingan jika ia mengalami kesulitan selama pembelajaran.

 

Lembaga kursus musik di Indonesia sangat beragam, bukan hanya namanya saja yang beragam, melainkan jenis dan metode pembelajarannya juga beragam. Metode belajar harus sesuai atau cocok dengan karakter anak agar hasil kursus musik dapat maksimal. Dengan beragamnya metode yang diterapkan berbagai lembaga kursus musik, menjadi sebuah keuntungan bagi orang tua untuk memilah mana yang terbaik untuk anak.

 

Kurikulum di dalam kursus musik juga harus dimengerti oleh orang tua agar selama masa pembelajaran siswa mendapat hak dan kewajiban sesuai dengan perjanjian. Orang yang sekolah musik, dia akan mempelajari musik dengan cara ter-kurikulum. Artinya, dia akan mempelajari musik dari dasar secara teori dan praktek dengan cara yang benar. Dia akan belajar bagaimana membaca dan menulis not, dia akan belajar mengenai pembentukan chord, dia akan belajar mengenai circle-circle chord, dia akan belajar bagaimana mengiringi dan bagaimana bermain solo dan ensemble, dia akan belajar berimprovisasi, dan lain sebagainya.

 

Call Now Button
You might also likeclose