Jakarta – Tiap-tiap membuat lagu, seseorang musikus umumnya alami sistem yang begitu panjang. Jadi, tidak heran apabila sebagian musikus resah saat lagunya digunakan oleh beberapa orang spesifik untuk kebutuhan pribadi tanpa ada izin, tidak kecuali Virgoun.

Terakhir, Virgoun mengunggah video lirik lagu barunya, ” Bukti “, persisnya pada 19 September 2017. Ia juga meluapkan rasa gelisah serta cemasnya pada sebagian pihak yang mulai memakai lagu serta videonya untuk kebutuhan pribadi semata tanpa ada memohon izin padanya.

Luapan kegelisahan di sampaikan Virgoun dalam info videonya yang diupload lewat akun YouTube Last Child itu. Yang memiliki hit ” Surat untuk Starla ” ini menuliskan keresahannya dibawah info lagu ” Bukti “.

” Sistem perjalanan buat lagu itu tidak mudah. Asli, tidak mudah. Serta saat lagu telah jadi, serta pada akhirnya di publikasiin, lagu itu terikat dengan hak cipta/hak kekayaan intelektual/copyrights dari si pencipta lagunya, untuk lirik, serta notasinya, ” tulisnya.

Virgoun juga meneruskan lebih detil tentang hak cipta lagunya dengan mengemukakan, ” Nah, saat ini ngobrolin cover lagu. Silakan saja, namun yang perlu lw mengerti, lw tidak semestinya nge-monetize lagu cover-an lw, karna ini juga akan segera di CLAIM komposisi lagunya oleh musisi lewat publisher/collecting society yang ditunjuk. Klo lw ngecover DAN pgn lw monetize, jadi minta izin dahulu ke si penciptanya. ”

” Ada prasyarat & ketetapan yang lw mesti penuhi untuk ini, bebrapa lain, bergantung si musisinya. izin cover lagu VIRGOUN – BUKTI/lagu yang lain, untuk tau sistem & sebagian prasyaratnya bagaimana. ”

Melanjutkan prasyarat diatas, Virgoun menyatakan perlunya perizinan lagu punya seseorang musikus sebelumnya dikeruk jadi satu keuntungan. ” Gue simpelin ye. Lirik sama notasi lagu-lagu gw itu kaya bahan paling utama dari lagu gw. Lw minta izin cover, bermakna lw minta izin untuk pakai lirik sama notasi barusan. Bila gw telah ngasih kesepakatan, berbahan paling utama barusan lw ingin ganti jadi komposisi apa pun, terserah lw. ”

” Ingin jadi versus rock/reggae/bahkan juga ke koplo meskipun, bebas. TAPI, itu barusan, bahan paling utama lagunya mesti ada kesepakatan dari gw dahulu. Tidak dapat main segera cover saja, terlebih di monetize sendiri. “

Incoming search terms:

  • lagu bukti cover dari peralatan alat bekas
Lagu-lagunya Mulai Digunakan, Virgoun Gelisah
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
You might also likeclose