Konser Dream Theater di pastikan di gelar di lokasi Candi Prambanan. Prambanan adalah satu diantara warisan peninggalan budaya dunia yang disadari oleh Unesco.

Konser band rock progresif ini juga akan berjalan pada 29 September 2017, dengan dua panggung serta sound yang cukup menggelegar suaranya. Kerasnya sound dari dua panggung itu di kuatirkan juga akan mengakibatkan kerusakan susunan bangunan candi yang ada di perbatasan Yogyakarta serta Klaten, Jawa Tengah itu.

Menyikapi peluang rusaknya susunan bangunan candi karena getaran dari sound sistem, Petinggi Pelaksana Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Ari Setyastuti menyebutkan pemberian ijin pemakaian sarana di lokasi Candi Prambanan berada di tangan Direktorat Warisan serta Diplomasi Budaya di Jakarta serta bukanlah di BPCB DIY.

” Karna Candi Prambanan warisan budaya dunia, jadi izinnya di Direktorat Warisan serta Diplomasi Budaya di Jakarta, bukanlah pada kami (BPCW DIY). Izin dari kita cuma untuk candi-candi yang kecil, ” tuturnya, Jumat 15 September 2017.

Menurut dia, saat Direktorat Warisan serta Diplomasi Budaya (WDB) keluarkan izin konser jadi telah lakukan perhitungan dengan cermat efek dari sound dengan beberapa puluh ribu watt pada susunan candi.

” Hitungan angkanya berada di WDB, saya tidak miliki angka-angkanya. Tetapi, yang pasti panggung, atau sound tidak menghadap ke candi, ” katanya.

Kewenangan dari BPCB DIY, kata Ari, yakni meyakinkan pemirsa tidak masuk dalam lokasi candi, karna ada batas-batasnya yang perlu ditaati oleh pemirsa.

” Kewenangan kita cuma itu saja. Tidak berkaitan problem perizinannya, ” katanya.

Ari juga mengharapkan, bila media menginginkan menelusuri keluarnya izin dapat menelpon Direktorat Warisan serta Diplomasi Budaya di Jakarta.

” Agar tidak simpang siur, silakan mencari info dibagian perizinan Direktorat Diplomasi serta Warisan Budaya saja, ” katanya.

Disamping itu, Dewi Krisnawati, Kasubdiv Humas serta Protokol, PT TWC Borobudur, Prambanan, serta Candi Ratu Boko meyakinkan konser Dream Theater juga akan berjalan di lokasi candi Prambanan pada 29 September 2017.

” Iya konser di gelar di lokasi Candi Prambanan. Tetapi, tehnis tata panggung serta sound bukanlah kewenangan kita, ” tuturnya singkat.

Ini Penjelasan Soal Izin Konser Dream Theater di Prambanan
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *